PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR
|
|
|
|
Drs. RUHENDI
|
|
SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
Jl. KH. Wahid Hasyim no. 399
Margahayu
KAB. BANDUNG 40226
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
MATA PELAJARAN : Sosiologi
KELAS / PROGRAM : X ( sepuluh )
SEMESTER : 1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI :
Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai dengan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji Hubungan Masyarakat dan
Lingkungan
INDIKATOR :
Mengidentifikasikan Sosiologi sebagai Ilmu dan Methode
Mendiskripsikan Hubungan Berbagai Konsep
Tentang Realitas Sosial
Mengidentifikasi
Data Tentang Realitas Sosial Masyarakat
ALOKASI WAKTU :16
jam x 40 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat mengetahui Sosiologi sebagai
Ilmu yang Mengkaji Hubungan Masyarakat dan Lingkungan
B.
MATERI PEMBELAJARAN :
1.
Pengertian Sosiologi
2.
Ruang Lingkup Sosiologi
3.
Konsep – konsep Dasar Sosiologi
4.
Methode – methode dalam
Sosiologi
5.
Konsep – konsep tentang
Realitas Sosial
6.
Hubungan antara Konsep dan
Realitas Sosial
7.
Data Sosiologi tentang Fenomena
Sosial
C.
METODE PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi Kelompok
2.
Tanya Jawab
3.
Penugasan Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan
kelas.
a.
Siswa diberi penjelasan
mengenai pengertian sosiologi.
b.
Siswa diberi motivasi untuk
dapat dan atau berani mengajukan pertanyaan.
2.
Kegiatan Inti :
a.
Siswa dengan dipandu guru
melakukan diskusi di kelas
b.
Siswa diberikan pertanyaan –
pertanyaan mengenai sosiologi sebagai suatu kajian masyarakat
c.
Siswa diberikan penjelasan
melalui ceramah tentang arti pentingnya pengertian sosiologi
3.
Kegiatan Akhir :
a.
Siswa dan guru melakukan
refleksi
b.
Siswa mendapatkan tugas untuk
pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER PEMBELAJARAN :
1.
Buku materi sosiologi kelas x
2.
Buku LKS untuk siswa
3.
Sosiologi suatu pengantar,
Soeryono Soekanto, 1990
4.
Gambar – gambar yang relevan
5.
Artikel – artikel ( internet,
majalah, koran dsb.
F.
PENILAIAN :
1.
Teknik : tes tertulis
2.
Bentuk Instrumen : tes uraian
3.
Soal Instrumen :
1)
Jelaskan definisi sosiologi
sebagai ilmu dan metode
2)
Apakah yang dimaksud dengan
realitas sosial dan berikan contohnya
3)
Apakah bedanya antara fakta
sosial dan realitas sosial
Mengetahui Margahayu, Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Budi Kusmana SE,
M.Si Drs.
Ruhendi
NIP. 196403261990031004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH :
SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM :
X ( sepuluh )
SEMESTER :
2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI :Menerapkan
nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
INDIKATOR :
Mendefinisikan sosialisasi dan pembentukan
kepribadian
Mengidentifikasikan faktor – faktor pembentukan kepribadian
Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian
ALOKASI WAKTU :
12 jam x 40 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa
mengetahui sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
B.
MATERI PEMBELAJARAN :
1.
Pengertian sosialisasi
2.
Macam – macam sosialisasi
3.
Macam – macam media sosialisasi
4.
Korelasi antara sosialisasi
dengan pembentukan kepribadian
5.
Faktor – faktor pembentuk
kepribadian
6.
Perkembangan kepribadian, macam
– macam kepribadian, korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial dalam
masyarakat.
C.
METODE PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi Kelompok
2.
Tanya Jawab
3.
Penugasan Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan Awal :
a.
Memeriksa kehadiran siswa,
kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.
Siswa diberikan penjelasan
keterkaitan nilai, norma dan kepribadian dengan materi sebelumnya yaitu nilai
dan norma sosial.
c.
Siswa diberikan penjelasan
tentang pengertian kepribadian.
2.
Kegiatan Inti :
a.
Siswa diberikan penjelasan
tentang macam – macam media sosialisasi dan jenis sosialisasi
b.
Siswa diberikan penjelasan
tentang korelasi sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
c.
Siswa diberikan penjelasan
tentang faktor – faktor pembentuk kepribadian
d.
Siswa diberikan penjelasan
tentang perkembangan kepribadian dan macam – macam kepribadian
e.
Siswa diberikan penjelasan
tentang korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial
3.
Kegiatan Akhir :
a.
Siswa dan guru melakukan
refleksi
b.
Siswa mendapatkan tugas untuk
pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER PEMBELAJARAN :
1.
Buku materi sosiologi kelas x
2.
Buku LKS untuk siswa
3.
Sosiologi suatu pengantar,
Soeryono Soekanto, 1990
4.
Gambar – gambar yang relevan
5.
Artikel – artikel ( internet,
majalah, koran dsb.
F.
PENILAIAN :
1.
Teknik : tes tertulis
2.
Bentuk Instrumen : tes uraian
3.
Soal Instrumen :
1)
Jelaskan pengertian sosialisasi
dan kaitannya dengan pembentukan kepribadian !
2)
Jelaskan faktor – faktor
pembentuk kepribadian !
3)
Jelaskan pengaruh kebudayaan
terhadap pembentukan kepribadian !
4)
Jelaskan pengaruh sosialisasi
terhadap pembentukan kepribadian
Mengetahui Margahayu, Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Budi Kusmana SE,
M.Si Drs. Ruhendi
NIP. 196403261990031004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH :
SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
MATA PELAJARAN : Sosiologi
KELAS / PROGRAM : XI ( Sebelas ) / IPS
SEMESTER :
1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI :
Memahami
struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
KOMPETENSI DASAR :
Mendiskripsikan
bentuk – bentuk struktur sosial dalam fenomena
kehidupan
INDIKATOR :
Mendiskripsikan
diferensiasi sosial
Mendiskripsikan
stratifikasi sosial
Mengidentifikasi
diferensiasi soaial berdasarkan ras, etnis, agama dan gender
Mengidentifikasi
macam – macam kriteria stratifikasi sosial di dalam masyarakat
Mendiskripsikan
berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat kota
Membedakan
konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat
ALOKASI WAKTU : 20 jam x 40 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu
mendiskripsikan bentuk – bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
B.
MATERI PEMBELAJARAN :
8.
Diferensiasi sosial
9.
Stratifikasi sosial
10.
Diferensiasi sosia berdasarkan
ras, etnis, agama dan gender
11.
Macam – macam kriteria
Stratifikasi sosial di masyarakat
12.
Pengaruh Diferensiasi
sosia dan Stratifikasi sosial di
masyarakat
13.
Konsolidasi dan interseksi
C.
METODE PEMBELAJARAN :
5.
Diskusi Kelompok
6.
Tanya Jawab
7.
Penugasan Individu dan Kelompok
8.
Ceramah
D.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
4.
Kegiatan Awal :
Memeriksa
kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
c.
Apersepsi
d.
Motivasi
e.
Penjelasan korelasi materi
sebelum dengan sekarang
5.
Kegiatan Inti :
d.
Siswa dibagi dalam 4 kelompok
e.
Setiap kelompok dibagi tugas
untuk :
Kelompok I : Diferensiasi sosial
Kelompok II : Stratifikasi sosial
Kelompok III : pengaruh diferensiasi sosial dan
stratifikasi sosial
Kelompok IV : konsolidasi dan interseksi
f.
Setiap kelompok membuat laporan
hasil diskusi
g.
Setiap kelompok
mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya
h.
Tanya jawab
6.
Kegiatan Akhir :
c.
Siswa dan guru melakukan
refleksi
d.
Siswa mendapatkan tugas untuk
pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER PEMBELAJARAN
6.
Buku sosiologi penerbit
Yudhistira
7.
Buku sosiologi penerbit Ganeca
8.
Media Masa
F.
PENILAIAN
4.
Teknik : tes tertulis
5.
Bentuk Instrumen : tes uraian
6.
Soal Instrumen :
4)
Jelaskan perbedaan antara
stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial !
5)
Mengapa perbedaan jenis kelamin
merupakan bentuk diferensiasi sosial ?Jelaskan !
6)
Sebutkan dan jelaskan tiga pola
umum pelapisan kekuasaan menurut Mac Iver !
7)
Gambarkan suatu contoh hubungan
interseksi antara tiga kelompok sosial yang berbeda
8)
Jelaskan hubungan konsolidasi
pada masyarakat majemuk.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH :
SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
MATA PELAJARAN : Sosiologi
KELAS / PROGRAM : XI ( Sebelas ) / IPS
SEMESTER :
2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI :
Menganalisis kelompok sosial dalam
masyarakat multi kultural
KOMPETENSI DASAR :
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial
dalam masyarakat multi kultural
INDIKATOR :
Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat
multi kultural
Mengidentifikasi faktor – faktor yang
menyebabkan terbentuknya masyarakat
multi kultural
Mendiskripsikan keaneka ragaman mazhab
dalam Islam untuk mendorong Islam
sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin
ALOKASI WAKTU : 24 jam x 40 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa
mampu mengidentifikasi karakter masyarakat multi kultural
B.
MATERI PEMBELAJARAN :
1.
Ciri – ciri masyarakat multi
kultural
2.
Faktor – faktor yang
menyebabkan terbentuknya masyarakat multi kultural
3.
Mazhab – mazhab Islam
C.
METODE PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi Kelompok
2.
Tanya Jawab
3.
Penugasan Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan Awal :
Memeriksa
kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.
Apersepsi
b.
Motivasi
c.
Penjelasan korelasi materi
sebelum dengan sekarang
2.
Kegiatan Inti :
a.
Menerangkan materi pokok
b.
Tanya jawab
c.
Pelaksanaan diskusi dan laporan
3.
Kegiatan Akhir :
a.
Siswa dan guru melakukan
refleksi
b.
Siswa mendapatkan tugas untuk
pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER PEMBELAJARAN :
1.
Sosiologi pengantar
2.
Sosiologi Paket Kelas XI
3.
Mazhab – mazhab Islam
F.
PENILAIAN :
1.
Teknik : tes tertulis
2.
Bentuk Instrumen : tes uraian
3.
Soal Instrumen :
1)
Mengapa bangsa Indonesia
menjadi bangsa yang majemuk ?Jelaskan !
2)
Apakah yang dimaksud dengan
masyarakat majemuk ?
3)
Konsekwensi sosial budaya apa
yang mungkin timbul akibat kemajemukan bangsa Indonesia ?Jelaskan !
4)
Dalam menghadapi permasalahan
akibat kemajemukan masyarakat, alternatif solusi apakah yang dianggap tepat ?Jelaskan
!
Mengetahui Margahayu, Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Budi Kusmana SE,
M.Si Drs. Ruhendi
NIP. 196403261990031004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM : XII (
Dua Belas ) / IPS
SEMESTER :
1 ( satu )
STANDAR KOMPETENSI : Memahami
dampak perubahan sosial
KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
INDIKATOR :
Mendiskripsikan bentuk – bentuk perubahan sosial
Memberikan contoh faktor – faktor pendorong perubahan sosial
Memberikan contoh faktor – faktor penghambat perubahan social
Memberikan contoh faktor – faktor penyebab perubahan sosial
ALOKASI WAKTU : 20
jam x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat menjelaskan proses
perubahan sosial di masyarakat
B. MATERI PEMBELAJARAN :
14. Pengertian perubahan
sosial dan bentuk perubahan sosial
15. Faktor – faktor pendorong perubahan sosial
16. Faktor – faktor penghambat perubahan sosial
17. Faktor – faktor penyebab perubahan sosial
C. METODE PEMBELAJARAN :
9. Diskusi
10. Tanya jawab
11. Penugasan individu dan kelompok
12. Pengamatan
13. Ceramah
D. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
7. Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan
kelas.
f. Apersepsi
g. Motivasi
h. Penjelasan korelasi
materi sebelum dengan sekarang
8. Kegiatan Inti :
i. Siswa dibagi dalam 4 kelompok
j. Setiap kelompok dibagi
tugas untuk :
·
Kelompok
1 : faktor pendorong
·
Kelompok
2 : faktor penghambat
·
Kelompok
3 : faktor penyebab
·
Kelompok
4 : bentuk – bentuk
k. Setiap kelompok membuat laporan
l. Setiap kelompok memprosentasikan ke depan
kelas
9. Kegiatan Akhir :
a. Siswa dan guru melakukan refleksi
b. Siswa mendapat tugas
untuk pembelajaran berikutnya
E. SUMBER PEMBELAJARAN :
9. Sosiologi SMA penerbit Mendiknas
10. Sosiologi SMA penerbit Erlangga
11. Sosiologi suatu lapisan
kehidupan masyarakat. KBK.
Tiem Sosiologi
F. PENILAIAN :
7. Teknik :
Tes tertulis
8. Bentuk Instrumen : Tes uraian
9. Soal Instrumen :
9) Jelaskan Arti perubahan sosial !
10) Sebutkan bentuk – bentuk
perubahan sosial yang ada di masyarakat !
11) Sebutkan faktor – faktor
pendorong perubahan sosial !
12) Sebutkan faktor – faktor
penghambat perubahan sosial !
13) Buatlah contoh – contoh pendorong dan penghambat
perubahan sosial !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
SMA KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM : XII (
Dua Belas ) / IPS
SEMESTER :
2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI :
Mempraktekkan metode penelitian sosial
KOMPETENSI DASAR :
Merancang metode penelitian sosial secara sederhana
INDIKATOR :
Merumuskan latar belakang masalah
Merumuskan rancangan penelitian sosial secara sederhana
ALOKASI WAKTU : 34
jam x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat meerancang metode
penelitian sosial secara sederhana
B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Latar belakang masalah penelitian
Ø Arti penelitia
Ø Ciri dan syarat penelitian
Ø Tujuan dan fungsi penelitian
Ø Jenis – jenis penelitian
2. Rumusan rancangan penelitian sosial budaya
Ø Pengertian rancangan penelitian
Ø Metodologi dan langkah – langkah penelitian
Ø Menentukan topik penelitian
Ø Merumuskan masalah dan pertanyaan penting
Ø Merumuskan hipotesa
Ø Memilih subyek / populasi penelitian
Ø Pendekatan penelitian
C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Penugasan individu dan kelompok
4. Pengamatan
5. Ceramah
D. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1. Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan
kelas.
a. Apersepsi
b. Motivasi
c. Penjelasan korelasi
materi sebelum dengan sekarang
2. Kegiatan Inti :
a. Menerangkan materi
b. Tanya Jawab
c. Pelaksanaan diskusi kelompok
3. Kegiatan Akhir :
a. Siswa dan guru melakukan refleksi
b. Siswa mendapat tugas
untuk pembelajaran berikutnya
E. SUMBER PEMBELAJARAN :
1. Sosiologi paket kelas XII
2. Sosiologi SMA penerbit Mendiknas
3. Sosiologi SMA penerbit Erlangga
4. Sosiologi suatu lapisan
kehidupan masyarakat. KBK.
Tiem Sosiologi
5. Metode penelitian, Suwarsini
6. Pengantar sosiologi – komunikasi, Suwarto
F. PENILAIAN :
1. Teknik :
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen :
1) Buatlah suatu rumusan
latar belakang masalah penelitian dengan topik tertentu !
2) Buatlah sustu judul
penelitian berdasarkan rumusan latar belakang yang ada !
3) Buatlah suatu proposal
penelitian sederhana sesuai dengan kaidah – kaidah yang telah ditetapkan!
Mengetahui Margahayu, Juli 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Budi Kusmana SE,
M.Si Drs. Ruhendi
NIP. 196403261990031004